Relawan Pajak Kota Bandung Tahun 2021

     Direktorat Jenderal Pajak memiliki program edukasi yang ditujukan untuk masyarakat, salah satunya adalah program relawan pajak. Program ini dibentuk dengan menekankan pada kegiatan pendampingan bagi masyarakat dan juga mengajak masyarakt untuk sadar akan pentingnya membayar pajak. Relawan pajak itu sendiri adalah seseorang yang secara sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran, dan keahliannya untuk berperan aktif dalam kegiatan edukasi pajak. Relawan pajak bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pihak ketiga dalam melakukan kegiatan edukasi perpajakan.

     Melalui program relawan pajak, Direktorat Jenderal Pajak kemudian melatih para mahasiswa sehingga mereka mempunyai pemahaman dan pengetahuan pajak yang memadai. Pemahaman dan pengetahuan tentang pajak dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat, mulai dari pelaku usaha kecil hingga besar, pendampingan mengisi formulir pelaporan, dan proses pembayaran pajak. Dengan adanya program relawan pajak, diharapkan masyarakat akan tertarik untuk dapat mengikutinya dan juga dapat meningkatkan kesadaran masrayakat akan pentingnya membayar pajak

     Sejak tahun 2020, Universitas Katolik Parahyangan menjadi salah satu universitas di kota Bandung yang tergabung dalam program relawan pajak dan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak memberikan asistensi SPT tahunan secara online kepada Wajib Pajak Orang Pribadi melalui e-filling. Pada bulan Maret 2021, sebanyak 22 orang mahasiswa dan 2 orang Dosen menjadi relawan pajak di Kota Bandung selama kurang lebih dua minggu. Dalam waktu yang sangat singkat, para relawan mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan pada saat pendampingan asistensi SPT tahunan kepada wajib pajak.

     Kegiatan yang dilaksanakan selama menjadi relawan pajak adalah: Melakukan pendampingan asistensi SPT tahunan, salah satunya pengisian SPT wajib pajak orang pribadi melaporkan SPT tahunan melalui e-filing di KPP secara online.

Beberapa hal yang diberikan kepada wajib pajak :

  • Memberitahukan prosedur pengajuan EFIN secara online
  • Memberitahukan cara aktivasi EFIN di laman djponline.pajak.go.id
  • Memandu registrasi akun di laman djponline.pajak.go.id.
  • Melakukan asistensi pengisian SPT Pembetulan menggunakan E-Form versi IBM
  • Membantu memastikan pajak final yang perlu dicatat oleh WP
  • Memastikan kebenaran pengisian status WP
  • Membantu pengisian SPT
  • Memberikan asistensi cara melaporkan SPT dengan E-Filling dan memberikan penjelasan prosedur yang harus dilakukan jika status pajak kurang bayar atau lebih bayar.
  • Membantu wajib pajak membuat password baru, karena password yang lama sudah lupa.

     Setelah melakukan kegiatan tersebut, relawan pajak merasa mendapatkan banyak pengetahuan dan semakin tertarik untuk mempelajari perpajakan secara lebih mendalam. Meskipun dalam waktu yang sangat singkat, namun wajib pajak merasa puas atas program relawan pajak dan juga asistensi yang berikan oleh relawan pajak, hal ini terlihat dari kuesioner yang diberikan kepada wajib pajak tentang kepuasan selama pendampingan oleh relawan pajak. Dari 35 responden, 77,1% responden menjawab sangat puas dan 22,9% menjawab puas dengan asistensi pengisian SPT.